OPINI

LOGIKA BERFIKIR DAN AKAL SEHAT

SEBAGAI DASAR MANAJEMEN

 

PROLOG

 

Logika berfikir dan akal sehat terbentuk melalui pengalaman-pengalaman di dalam kehidupan yang ril seseorang dan melalui proses kebiasaan yang berkesinambungan dalam penyerapan ilmu dasar selama usia sekolah/kuliah.

ILMU PASTI

 

Ilmu Pasti atau ilmu eksak adalah merupakan inti atau batu penjuru dari ilmu pengetahuan.

Ilmu Pasti sanggup membuka cakarawala, wawasan, logika serta kreativitas seseorang. Ilmu Pasti cenderung membentuk akal sehat dan merangsang otak untuk melakukan analisa, me-manage cara berfikir dan menyederhanakan masalah yang dihadapinya, untuk kemudian memecahkannya dengan cara yang lebih efektif, lebih efisien.

Latar belakang seseorang yang akrab dengan Ilmu Pasti, memungkinkan dan memberikan peluang baginya untuk lebih mudah bahkan lebih cepat beradaptasi terhadap masalah-masalah yang dihadapinya.

Logika berfikir yang terbentuk dari waktu ke waktu, secara perlahan namun pasti, membentuk pola berfikir yang lebih sistimatik, dan pada akhirnya akan mampu menghantarkan pribadinya kepada tatanan manajemen yang lebih perfect.

 

Dan, mengapa Ilmu Pasti menjadi begitu penting untuk dipelajari dan dipahami ?

 

Tanpa bermaksud mengurangi respek terhadap disiplin ilmu lainnya, karena bagaimanapun juga di dalam alam semesta ini seharusnya terjadi suatu keseimbangan (Equilibrium, sehingga Ilmu Pasti tidak dapat berdiri sendiri, dan harus berjalan beriringan dengan ilmu-ilmu lainnya. Berikut akan diurai manfaat yang esensial dari Ilmu Pasti

Jikalau membahas Ilmu Pasti yang lebih fokus ke arah engineering, maka engineering adalah pengembangan dari Ilmu Pasti yang lebih menitik-beratkan kepada ilmu ke-teknik-an.

Sebagai ilustrasi, dalam masyarakat Indonesia sudah banyak sekali contoh yang dapat kita ketahui bahwa seseorang yang mempunyai latar-belakang Engineering, mampu dan sanggup berprestasi secara maksimal di banyak bidang. Mereka bisa berada di dunia perbankan, politik, marketing, entertaintment ataupun di bidang lainnya. Bahkan di dunia perbankan, para insinyur banyak yang mampu melampaui para ekonom handal. Tabungan dengan bunga harian yang dipelopori pertama kali oleh sebuah bank swasta nasional, adalah hasil pemikiran seorang insinyur. Dan presiden RI yang pertama juga seorang Insinyur Teknik Sipil. Barangkali ini hanya sebagian kecil contoh yang dapat dikedepankan di sini.

 

Oleh karenanya, tulisan ini mungkin dapat bermanfaat dan menjadi sebuah pertimbangan, baik bagi para siswa yang ingin melanjutkan studinya di perguruan tinggi, maupun para fresh-graduated dalam mengembangkan langkahnya lebih lanjut. Bagi para pengusaha, mungkin tulisan ini dapat sekedar mengingatkan bahwa potensi seorang insinyur dalam mengelola perusahaan pada umumnya tidak pernah mengecewakan.

 

MANFAAT MATEMATIKA DAN FISIKA

 

Sejak dini, institusi perguruan tinggi jurusan ilmu pasti, khususnya jurusan teknik, menitik beratkan Matematika dan Fisika sebagai menu utama dan wajib.

 

Matematika adalah bagian dari ilmu pasti. Dan seperti diketahui bahwa satu tambah satu hasilnya adalah selalu Dua. Tidak lebih dan tidak kurang, dan tidak ada jawaban lain lagi.

Di dalam perkembangannya, matematika lanjutan dan matematika tingkat tinggi tetap secara intensif diajarkan di perguruan tinggi.

Dalam belajar matematika, dari hari ke hari tanpa disadari telah sanggup membentuk pola berfikir seseorang. Membiasakan seseorang untuk selalu melakukan Analisa, menyederhanakan permasalahan sedemikian rupa sehingga diperoleh Solusi yang akurat dan memadai.

Enam tahun di sekolah dasar, tiga tahun di es-em-pe kemudian tiga tahun lagi di es-em-a jurusan IPA, ditambah lagi paling tidak lima tahun di fakultas teknik, totalnya adalah tujuh belas tahun mengutak-atik matematika, dan setelah sekian puluh tahun kemudian, dan apabila masih tetap konsisten menekuni bidang yang relevan, soal matematika serumit apa pun tidak pernah akan terlupakan. Pola berfikir menjadi lebih sistimatis, metode analisis nya akan semakin efektif.

 

Selanjutnya adalah Fisika. Fisika adalah fenomena alam. Penemuan-penemuan ilmiah dalam bidang fisika justeru lebih banyak terjadi berabad-abad yang lalu. Contohnya Newton, Einstein dan sederetan nama lainnya, yang hingga hari ini masih tetap relevan, dan dijadikan sebagai dasar penemuan-penemuan berikutnya.

Melalui Fisika, terjadi kecenderungan membentuk sistimatika berfikir yang lebih cermat, merangsang pertumbuhan logika berfikir dan mengasah ketajaman dalam analisa.

Dari hari ke hari, minggu ke minggu, bulan berganti tahun, mahasiswa tanpa disadari telah diarahkan dengan kebiasaan-kebiasaan tersebut.

Otak kiri yang membentuk kecerdasan seseorang, dikombinasikan dengan otak kanan pembentuk kreativitas, secara berkesinambungan dipaksa untuk ber-koordinasi, sehingga terbentuk penggabungan/kerjasama yang optimal.

Kebiasaan-kebiasaan, latihan-latihan, dari waktu ke waktu secara alam bawah sadar telah membentuk suatu koordinasi cara berfikir yang logis dan sistimatis.

 

Di dalam disiplin ilmu teknik (engineering) yang lebih menjurus, Matematika dan Fisika lebih lanjut difokuskan kembali ke dalam aplikasi-aplikasi yang lebih spesifik. Dalam bidang engineering jurusan Teknik Sipil misalnya, aplikasinya berkembang ke dalam mata kuliah Mekanika Teknik yang juga kerap disebut dengan istilah Analisa Struktur. Mekanika Teknik ini pada hakekatnya adalah penggabungan antara Matematika dan Fisika Plus Plus. Sekali lagi, melalui Mekanika Teknik, otak dibiasakan kembali dengan analisa-analisa permasalahan, mengasah ketajaman logika berfikir yang sistimatik, merangsang intuisi, dalam upaya mencari solusi yang terbaik.

Sementara itu, logika berfikir yang sistimatik merangsang terbentuknya logika-logika untuk berfikir secara sehat, secara positif (Positive Thinking). Dan common-sense atau akal-sehat pada akhirnya tumbuh dan berkembang secara subur, untuk dapat dipergunakan pada saat-saat kritis.

 

Segala macam dan bentuk dari permasalahan yang muncul dalam kehidupan nyata ini, jawabannya adalah Gunakan Akal-Sehat (Common-sense).

Saya tidak pernah lupa dengan kata-kata Guru Besar saya, seorang Ahli Konstruksi Kondang, Bapak Konstruksi Beton Indonesia, almarhum Prof.Dr.Ir.Roosseno. Suatu ketika di dalam kelas beliau mengatakan :

“Jika ketemu dengan persoalan model apapun, sesulit apa pun……… jawabannya cuma satu yaitu Pakai You punya common-sense”. Begitu pula dengan permasalahan yang muncul dalam kehidupan sehari-hari, serumit apa pun, jawabannya hanya satu : Gunakan akal sehat !!

 

Banyak contoh yang menunjukkan bahwa banyak sekali insinyur yang mampu beradaptasi di jalur karir yang tidak ada hubungannya dengan latar belakang engineering yang dimilikinya, dan yang lebih mengcengangkan lagi adalah bahwa mereka banyak yang sukses mencapai posisi Top Executive.

Anda bisa terjun ke dunia perbankan, politik, perhotelan, atau bidang aplikasi manapun tanpa ada hambatan yang berarti, dan dapat segera beradaptasi dengan cepat.

Tapi yang berlatar-belakanng bukan dari Engineering, (mohon maaf) tidak mungkin bisa masuk dan terlibat ke dalam dunia engineering untuk kemudian sukses menjadi pakar/ahli pada posisi top executive.

Di tengah maraknya kuliah Magister Manajemen dan MBA beberapa waktu yang lalu. Siapa saja yang selalu mencapai ranking terbaik ? Fakta menunjukkan para peserta yang bergelar insinyur kerap mengalahkan semua sarjana lainnya.

 

 

MANAJEMEN PROYEK,

SEKOLAH YANG SANGAT BERHARGA

 

Apabila seorang insinyur kemudian menekuni bidangnya secara konsisten dan terlibat di dalam suatu proyek, maka manajemen proyek adalah instrumen yang menjadi menu utamanya sehari-hari.

Lalu apa itu Proyek dan apa bedanya dengan pekerjaan lainnya ?

Yang membedakan suatu Proyek dengan pekerjaan lainnya adalah sifatnya yang Spesifik dan Khusus, dan tidak bersifat rutin. Sehingga penanganannya pun memerlukan perhatian yang lebih serius. Semua proyek senantiasa mengandung resiko yang relatif besar terhadap manajemen yang diterapkan di dalamnya. Kerugian yang dituai, tidak hanya materi, waktu dan tenaga, namun lebih daripada itu adalah kredibilitas, hubungan baik dan banyak hal lagi yang terkait.

Jadi sesungguhnya manajemen proyek adalah proses pengelolaan tugas-tugas serta sumber daya yang dimiliki untuk mewujudkan tujuan yang ingin dicapai, dengan mempertimbangkan parameter-parameter terutama waktu dan biaya.

Dalam manajemen, khususnya manajemen proyek/konstruksi, varian kasus dari waktu ke waktu sangatlah bervariasi. Dari satu proyek ke proyek berikutnya saja sudah sangat berbeda kasusnya. Belum lagi, di dalam satu proyek saja, kasus dan masalah yang berkembang terjadi dari jam ke jam, dari hari ke hari dan sungguh sangat bervariasi sekali. Dan seorang insinyur, harus mampu mengatasi semua permasalahan yang timbul dari waktu ke waktu, time schedule yang ketat, cash-flow yang cermat, dan apabila meleset taruhannya adalah biaya.

Kebiasaan-kebiasaan dalam mengatasi masalah yang timbul, pengambilan keputusan dalam situasi yang sulit, pemecahan masalah secara bersama-sama di dalam Team Work, perlahan tapi pasti telah menjadi sebuah sekolah yang mahal dan mewah bagi seorang insinyur. Terbiasa bekerja di bawah tekanan, menghadapi begitu banyak pekerja dengan berbagai sub disiplin ilmu. Oleh karena itu, data yang akurat dalam bentuk laporan-laporan adalah modal utama dalam menyelesaikan masalah di lapangan. Di samping bagaimana menggalang sebuah Team Work yang kompak.

Seorang Insinyur yang sudah berpengalaman me-manage suatu proyek, bagaimana pun juga tidak akan terlalu kaget jika diberi target yang sesulit apa pun. Kuncinya, tidak ada masalah yang tidak bisa dipecahkan. Kalau satu kepala tidak sanggup, maka beberapa kepala mampu memikirkannya dan mengatasinya. Dan sekali lagi. Butuh sebuah team-work yang bagus. Prinsipnya adalah : apapun yang terjadi, proyek harus selesai tepat waktu. Dan biasanya solusinya pun pasti dapat ditemukan.

 

 

TESTIMONI

 

BEBERAPA WAKTU YANG LALU, SAYA TERPAKSA HARUS MERANGKAP SEBAGAI GENERAL MANAGER DI SEBUAH HOTEL BERBINTANG TIGA, DI SAMPING TUGAS UTAMA SAYA SEBAGAI PIMPINAN CABANG DARI PERUSAHAAN YANG ME-MANAGE HOTEL TERSEBUT. SAYA TIDAK MEMILIKI PENGALAMAN SAMA SEKALI DALAM BIDANG PERHOTELAN. SAYA MULAI DARI NOL. MODAL UTAMA SAYA HANYA SATU : I CAN, IF I THINK I CAN. DI SAMPING TEKAD DAN SEMANGAT.

DALAM TIGA BULAN PERTAMA, SAYA BANYAK BELAJAR, MEMPERHATIKAN, MENGUMPULKAN DATA, MELAKUKAN ANALISA-ANALISA DAN SUDAH TENTU BANYAK DIDUKUNG REKAN-REKAN MANAJER YANG LAIN.  SETELAH TIGA BULAN BERLALU, SAYA SUDAH TERBIASA DENGAN MANAJEMEN PERHOTELAN. DI DALAM DUNIA PERHOTELAN, MASALAH-MASALAH YANG TIMBUL SEBAGIAN BESAR BERSIFAT RUTIN. VARIANNYA TIDAK TERLALU BANYAK. YANG MENJADI PERSOALAN JUSTERU SUMBER DAYA MANUSIANYA, DISAMPING  STRATEGI MARKET.

DALAM LIMA BULAN, CASH FLOW SUDAH DAPAT TERTATA DENGAN BAIK. KARENA SAYA DITINGGALKAN HUTANG KEPADA SUPPLIER YANG CUKUP BANYAK NILAINYA OLEH GM YANG TERDAHULU. DAN SAYA MULAI MEMBUAT  SCHEDULE PELAKSANAAN REINVESTASI TERHADAP PROPERTY HOTEL. HASILNYA ADALAH 90% MENCAPAI TARGET, DAN TEPAT PADA WAKTUNYA.  SAYA MEMPUNYAI REKAN MANAJER YANG BAGUS, DAN DAPAT BEKERJA DALAM SEBUAH TEAM-WORK YANG BAGUS PULA.

SAYA MULAI MEMINIMALKAN COST UNTUK BERBAGAI ACARA/EVENT YAITU DENGAN MENGGANDENG BEBERAPA PERUSAHAAN ROKOK DAN MINUMAN ENERGY UNTUK MEMBIAYAI ARTIS DAN GRUP BAND. SAYA JUGA MENGUNDANG BCA MENEMPATKAN MESIN ATM NYA DI SAMPING HOTEL, MEREKA MEMBAYAR SEWA PER 3 TAHUN. PRODUSEN ROKOK MEMBAYAR SEWANYA KEPADA HOTEL UNTUK MENEMPATKAN BALIHONYA DI DEPAN HOTEL. SEMUA MENJADI INCOME TAMBAHAN BAGI HOTEL.

 

SEBAGAI SARJANA TEKNIK SIPIL, SEBETULNYA SAYA SUDAH TERBIASA BEKERJA DI BAWAH TEKANAN, BAGAIMANA HARUS MENCAPAI TARGET, DENGAN WAKTU YANG TERUKUR. SEKALI LAGI, TETAP MENGGUNAKAN LOGIKA BERFIKIR DAN AKAL SEHAT. TIDAK ADA HARI TANPA MASALAH, TETAPI SETIAP HARI KITA HARUS MAMPU MENGATASI MASALAH DEMI MASALAH…………DAN KELUAR SEBAGAI PEMENANG.  WE ARE THE WINNING-TEAM.

 

MEMANG TIDAK MUDAH MENGAJAK ORANG LAIN YANG BELUM TERBIASA UNTUK BEKERJA BERDASARKAN TARGET, DISIPLIN TERHADAP SCHEDULE DAN TERUKUR. MANAJER-MANAJER SAYA PERNAH KAGET KETIKA SAYA MINTA DIBUATKAN BREAK-DOWN HARGA SATUAN FOOD AND BEVERAGE. LEBIH DARIPADA ITU, MEREKA BAHKAN BINGUNG BAGAIMANA MERINCI SATU DEMI SATU ITEM BIAYA DARI BAHAN MAKANAN MAUPUN MINUMAN YANG AKAN DI BREAK-DOWN. BUKANKAH SANGAT LOGIS APABILA MANAJEMEN INGIN MENGETAHUI BAHWA SEBETULNYA BERAPAKAH SEBETULNYA HARGA DASAR (MODAL) DARI SATU PORSI SOP BUNTUT GORENG ITU ? BAHAN-BAHAN APA SAJA YANG TERLIBAT DI DALAM PEMBUATANNYA ? ATAU BERAPAKAH MODAL DASAR DARI PENJUALAN SEBUAH KAMAR DELUXE DAN BREAK-DOWN NYA MACAM APA SAJA ?

TUJUANNYA UTAMANYA ADALAH AGAR KITA DAPAT SECARA PASTI MENGETAHUI BESARNYA MARGIN KEUNTUNGAN MASING-MASING PRODUK. DARI SITULAH BESARAN DISKON DAPAT DITETAPKAN SECARA TEPAT. KARENA MERUPAKAN KEBIASAAN BAGI HOTEL MENGADAKAN PROMOSI ATAU DISKON PADA SAAT LOW-SEASON (HARI-HARI SEPI).

DENGAN MENERAPKAN MANAJEMEN YANG BAIK, KEMUDIAN SAYA MULAI MENIKMATI PEKERJAAN SAYA SEBAGAI SEORANG HOTELIER. TERBIASA DENGAN DUNIA ENTERTAINMENT YANG GEMERLAP. RUPANYA CUKUP MENYENANGKAN DAN TIADA HARI TANPA MUSIK.

 

 

EPILOG

 

Makalah atau opini ini saya tulis dengan tujuan untuk memotivasi sekelompok teman. Tulisan ini bukan untuk menyombongkan diri ataupun mengkultuskan sekelompok profesi tertentu, akan tetapi hanyalah sebuah analisa yang diracik dari berbagai sumber ditambah dengan hasil pemikiran saya yang sempat tertanam cukup lama di dalam benak.

Akan tetapi, adalah merupakan sebuah kenyataan bahwa matematika dan fisika adalah ilmu yang sangat bagus, begitu luar biasa manfaatnya. Oleh karena itu, berbahagialah para orang-tua yang mempunyai anak-anak yang gemar dengan kedua mata pelajaran tersebut. Jikalau manfaatnya belum terjadi hari ini, percayalah. Suatu hari nanti, dia bisa begitu bermanfaat.

Dan, bukan berarti pula bahwa jika kita memilih terjun ke dalam dunia ilmu pasti, lalu mendapatkan gelar insinyur, otomatis akan menjadi seorang yang sukses. Masih banyak faktor X lainnya yang menentukan di dalam kehidupan nyata ini. Meski demikian, tidak perlu berkecil hati, tetap selalu gunakan akal-sehat dan logika berfikir maka peluang menuju kesuksesan akan senantiasa terbuka lebih lebar. Semoga.

 

JUNI 2003

IR.WILLY C. WUNGO


Satu Tanggapan to “OPINI”

  1. Terima kasih untuk tulisan yang inspiratif ini, yang notabene saya lakukan juga dalam kehidupan saya.Salu untuk anda dan tetaplah menjadi ‘guru’ dan berkarya bagi sesama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: