Structural Calculation Note

Note saya kali ini adalah memperbincangkan Structural Calculation Note atau yang sering juga disebut sebagai Laporan Perhitungan Struktur.
Apa itu Laporan Perhitungan Struktur ?
Menurut Structural Guidance Notes Manual Vol.1 yang dipublikasikan oleh Ove Arup Partnership, 1985, Tujuan Utama membuat Laporan Perhitungan Struktur adalah serangkaian narasi yang menerangkan kriteria design untuk struktur, asumsi2, bagaimana sebuah struktur dimodelkan, dan berisi standard/code berikut metode yang akan dipergunakan di dalam analisa dan perhitungan struktur.
Sebuah Laporan Perhitungan Struktur dibuat untuk 2 alasan. Pertama, adalah sebagai dokumen yang menyimpan data-data seperti ukuran atau dimensi perancangan struktur. Yang kedua adalah sebagai narasumber informasi untuk tahapan perancangan selanjutnya.
Oleh sebab itu, suatu laporan perhitungan struktur harus dapat dibaca dan dimengerti oleh orang lain. seperti misalnya oleh supervisor, manajer design, dan yang akan membuat detailing nya. Di samping itu pula harus mempu menampilkan informasi-informasi perencanaan secara lengkap. Di dalam sebuah laporan harus pula mempergunakan penjelasan2 (linking text) dengan jelas, gambar/sketsa dari topik yang sedang dihitung, mudah dimengerti, adanya cross-referencing agar setiap orang yang membacanya dapat melihat darimana suatu “hasil perhitungan” diperoleh.
upfff…maaf, sepertinya statement saya di atas sedemikian jelimet nya sehingga mungkin saja sulit untuk ditangkap…
dengan kata lain, sebuah laporan perhitungan struktur haruslah berisi informasi2 yang lengkap, yang menceritakan secara gamblang bagaimana sebuah “HASIL Perhitungan” diperoleh.
Celakanya, dari sekian banyak Laporan yang pernah saya baca…ternyata SANGAT..SANGAT menyedihkan.
Banyak sekali (nyaris 90%) INSINYUR-INSINYUR kita tidak tahu secara pasti bagaimana membuat sebuah Laporan Perhitungan Struktur.
Kebanyakan Laporan yang dibuat atau disertakan bersama-sama dengan Gambar Struktur adalah sebuah buku yang berisi (dari halaman pertama hingga halaman terkahir) PRINT-OUT dari software Analisa Struktur. Nyaris tidak ada sebuah gambar/sketsa apa pun. Kalau pun ada gambar di antara printout tersebut, umumnya tidak komunikatif sama sekali.
Jadi laporan tersebut hanya bisa dibaca oleh si pembuatnya saja. Dan lebih lucu lagi, bahkan yang membuat pun kadang kelabakan mencari data perhitungannya sendiri bila diberi pertanyaan.
Beberapa tahun yang lalu, sewaktu saya masih mengajar untuk mata kuliah Perencanaan Struktur Gedung, saya sudah mulai menanamkan kepada para mahasiswa tentang penting nya sebuah Calculation Note. Bagaimana seharusnya membuat sebuah laporan perhitungan struktur yang baik, komunikatif dan berkualitas. Sampai akhirnya (1995) saya merasa perlu untuk menulis diktat yang berjudul :
Pembuatan Laporan Perhitungan Struktur, sebagai bahan untuk mata kuliah Perencanaan Struktur Gedung di ISTN Jakarta.
Tapi sampai hari ini saya belum berhasil menemukan kembali arsip diktat saya tersebut…(mungkin terbawa hanyut oleh banjir hehehe).
Dan sungguh menyedikan sekali apabila tidak ada institusi yang berkenan memberikan Short Course khusus untuk pembuatan laporan perhitungan struktur ini.
Apalah artinya kursus-kursus tentang Gempa diberikan, kursus tentang peraturan baru SNI. Tapi ujung-ujung nya tetap saja sang insinyur ini tidak mampu untuk membuat sebuah Laporan yang apik. Yang disajikan adalah setumpuk sampah print-out komputer yang tak ada artinya sama sekali.
Jakarta, 15 April 2010
Willy C.Wungo

~ oleh Willy Wungo pada 16 April 2010.

4 Tanggapan to “Structural Calculation Note”

  1. salam kenal pak Willy C.W., belum pernah saya mendapatkan penjelasan mengenai ini dari yg experienced seperti bpk. hanya belajar dari melihat laporan desain senior saya aja dulu yg kebetulan dosen magister struktur jadinya cukup informatif.

    “laporan desain yg menyedihkan,…” iya saya pernah kebingunan saat desain pondasi dari struktur baja bentang lebar. data M,V,P yg seharusnya terlampir pada desain baseplate ngga ada, jadinya modeling dari awal review sendiri.

    pengalaman saya liat2 laporan desain struktural yg paling lengkap malah bukan dari lokal tapi dari luar injineur dari German, bangunan pabrik bertingkat struktur baja.

    *********ww************

    hehehehe…sebelumnya makasih sudah berkunjung ke blog saya. salam kenal mas suyono.
    Karakter sarjana2 kita memang suka begitu. takut kalau ilmu atau pengetahuannya di contek org lain.
    padahal mereka lupa bahwa pengetahuan/ilmu, ada baiknya di amalkan, di tularkan kepada orang banyak. supaya dapat berguna dan bermanfaat bagi banyak orang.
    Barangkali mereka lupa akan kalimat ini : ADALAH LEBIH BAIK MEMBERI DRPD MENERIMA.

  2. Pak saya mau tanya, saya bisa dapatkan buku bapak dimana?

    *********ww**********
    nanti kalau cetak ulang saya beritahu ya. thanks

  3. salam pak willy. saya mahsiswa sipil istn yang baru lulus pak. beberapa waktu yang lalu kita pernah bertemu di acara oppms di cisarua.
    sekarang saya bekerja di perusahaan konsultan, tetapi masih banyak yang harus saya pelajari lg.
    apakah saya bisa belajar dengan bapak terutama tantang program struktur.
    kebetulan saya sudah download tutorial staad pro dari blog bpk.
    terimakasih pak.

    ***************ww*****************
    hai Panji…selamat ya sudah lulus dan sudah bekerja di konsultan
    konsultan perencana struktur kah?
    boleh saja. hanya mungkin waktunya yang tidak memungkinkan. harus cari waktu yg cocok nih hehehehe

  4. saya bekerja di konsultan perencana struktur pak.
    kalau waktunya tidak cocok mungkin bisa share info atau modul dan data-data tentang struktur pak. paling tidak bisa via email pak.hehehe

Tinggalkan Balasan

 
