TANAH AIR KU INDONESIA

Masih cukup relevan rasanya, dalam kaitannya dengan Pemilu 2009 ini sekedar mengingatkan dan menggugah  semangat Nasionalisme, yang kerap terdegradasi karna terkontaminasi dengan rasa kebanggaan atas kelompok tertentu ataupun komunitas tertentu yang sempit. Bara api Nasionalisme seyogyanya berawal dari kecintaan terhadap Tanah Air, Nusa, Bangsa dan Negara. Bukan hanya sekedar slogan-slogan dan pekikan retorika belaka. Hanya ada satu alasan yang tidak boleh ditawar yakni, Nasionalisme untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Di tengah hingar-bingar dunia musik pop yang hampir setiap minggu meliris lagu-lagu baru, kerapkali kita lupa bahwa kita memiliki lagu-lagu perjuangan yang tidak kalah apik. Lagu-lagu yang sanggup menghidupkan semangat patriotik, rasa kebanggaan dan semangat Nasionalisme. Komponis tempo doeloe, tak kalah dengan anak muda jaman sekarang. Bahkan menurut saya, lebih brilian dan memiliki jiwa seni yang belum ada bandingnya.

Kolega saya, baik yang sipil maupun yang militer, seringkali kaget, terkesima dan selanjutnya pasti berkomentar ketika menelpon ke ponsel saya. Karna begitu ponsel saya tersambung maka segera pula terdengar Nada Sambung Pribadi yang berbunyi : Tanah Airku Indonesia, negeri elok yang sangat kucinta………. Memang sejak dua tahun terakhir ini, saya berlangganan NSP Rayuan Pulau Kelapa – Ismail Marzuki. Lalu, saya hanya menjawab : Ingin jadi Nasionalis sejati, pak. Semoga..

Saya coba tampilkan cuplikan teks lagu Rayuan Pulau Kelapa di bawah ini, dan bila ingin mendengar kembali lagunya, silahkan klik di sini. Sekedar menyegarkan memori kita semua.

Tanah Airku Indonesia,
Negeri elok yang sangat kucinta.
Tanah Tumpah darahku yang mulia,
Kan kupuja sepanjang masa.

Tanah Airku aman dan makmur,
pulau kelapa yang amat subur.
Pulau melati pujaan Bangsa,
sejak dulu kala.

Melambai-lambai, nyiur di pantai 
berbisik-bisik, Raja K’lana
Memuja pulau, yang indah permai.
Tanah Airku..Indonesia.

(Rayuan Pulau Kelapa – Ismail Marzuki)

Semoga posting saya ini, sanggup menggugah semangat patriotik dan nasionalisme kita semua.

~ oleh Willy Wungo pada 22 April 2009.

5 Tanggapan to “TANAH AIR KU INDONESIA”

  1. Hidup Oom Willy!!!
    Wah, bangganya aku punya Oom kaya gini. Jadi malu nih Oom aku nya….

  2. hehehe….yang muda jangan kalah dong ya

  3. MERDEKA !!!! Yeakh…. pokoke merdeka…..

  4. indonesia memang negeri yang elok, semakin hari semakin elok saja, wilayah timur jawa wilayah timur indonesia, wilayah hutan kalimantan, wilayah sumatera, kian elok semuanya, sungguh bangga saya jadi anak indonesia, anak bangsa yang damai, anak negeri yang makmur, hamparan sawah hijau kuning sejauh mata memandang, waduk dan tambak layaknya setengah lautan membentang di situbondo betapa eloknya dikau indonesia
    *salam kenal om baru sempet mampir niy*

  5. terima kasih sdh mampir. salam kenal juga..

Tinggalkan Balasan

 
