OREXAS – REMY SILADO

Aku masih ingat, sewaktu kelas 1 es-em-a tahun 1976, album Orexas nya Remy Silado di rilis. Aku sempat beli beberapa keping kasetnya. Yang menarik adalah lirik dari lagu-lagunya merupakan puisi mbeling nya Remy Silado. Sejak itu, aku jadi fans berat nya Yepi Tambayong, nama aslinya brur Remy Silado…..sampai hari ini. Berikut ini aku coba mengingat kembali lirik dari beberapa lagu yang terdapat di dalam album Orexas. (Bila terdapat kekeliruan, mohon maaf…dan aku minta koreksinya. Terima kasih)

AKU TETAP RAJA ATAS KECEWAKU

Aku ingin tidur disebuah dusta, ketika aku mabok.
Kupasangkan kuping atas semua bunyi, tapi hatiku bangkang.
Siapa bisa perang lawan harga diri, bila kantuk menjajah,
Kularikan mata dari rasa lapar yang manja.

Salibkan mulutku, dengan sorak-sorai,
Atau tikamkan pisau.
Aku tetap raja atas kecewaku
pada bekas daun hijau.
Matahari boleh lunturkan warnanya, sampai panasnya musnah.
Aku tetap raja atas kecewaku, pada bekas daun hijau.

JALAN TAMBLONG

Puntung-puntung rokok  bersatukan ludah,
di Jalan Tamblong.
Di sana tenggelam cinta atau benci dan sunyi hati.
Berdatanglah di sana, para teladan, digoda dingin.
Memeluk surga yang semu, yang didambanya, pada suatu waktu.

Ayam berkokok, setan gentayang,
ranjang bernyanyi durja.
Berapa lama sandiwara usai, yang bukan aktor tidak ambil bagian.

Malam masih hidup, tapi tinggal kerangka
di jalan Tamblong.
Pulanglah hati yang sunyi, pada miliknya.
pada suatu masa.

(bersambung)

~ oleh Willy Wungo pada 23 Februari 2009.

9 Tanggapan to “OREXAS – REMY SILADO”

  1. Akhg… pagi ini kulihat lagi puisi itu setelah hampir 30 tahun menghilang. Sedaaaaaaaaaaap bagaikan kopi panas di pagi hari, mampu membangunkan kembali berjuta kenangan yang hampir mengerak di labirin jiwa… terimakasih sobat, telah membangunkan rasa itu..
    Salam hangat, horas, merdeka……………

    ********ww*********
    Horas Lae….. ingat jaman kita es-em-a dulu.

  2. kalau ingat Om Remy,ingat waktu masih kecil aku sering diajak Om saya berkunjung kerumahnya,dimana dibelakangnya ada sungai yang dulu tempat saya berenag,hehe….

    malam ini,malam yg indah,pak willy

    ***********ww*************
    waduh rupanya mas Andra punya memori tersendiri dengan si brur Remy Silado. Sampai hari ini saya selalu beli buku2nya. cuma yah itu, saya kehilangan kaset Orexas berikut buku teks nya. Mas Andra punya ?
    Oh ya, malam yang indah sekali…………

  3. Saya pernah bertemu BELIAU sekali di Jogja dan berbincang-bincang sebentar,saat saya itu masih tergabung di sebuah forum kepenulisan disana,saat saya masih intens membuat cerpen.Saya suka karya beliau,KEMBANG DJEPUN

  4. Syukuuuur….. ternyata masih ada dermawan yang mengkoleksi dan mensosialisasikan album ini. Mana link download lagunya? Tks

  5. terima kasih atas kunjungannya….
    dulu saya pernah punya kaset dan buku teks orexas, tp skrg hilang. sy cari2 di internet jg blm ktm… yang saya tulis adalah yg msh nempel dlm ingatan saja selebihnya udah blank…hahahaha… ok salam kenal juga ya

  6. salam tekad pada arek arek nekad!!
    kalo’ aku bisa dapetin kaset/cd/mp3/vcd/dvd harus kemana kucari sobat? aku dulu punya kasetnya tapi aus krn wkt jua,
    nah aku pgn py yg gress n bisa nyaman ditelinga,Ok thx cok!!

    *****************ww*************
    salam kenal dan salam tekad mas soni
    iya nih sy jg lagi cari2 lagu2 Orexas tp blm ketemu hehehehe…ok deh nanti kita sharing2 informasi kalo ada ya.
    TQ…………..

  7. Salam kenal.
    Saya sewaktu SMP dulu juga suka baca novel-novel Remy, termasuk Orexas. Dan kemudian menyukai album Orexas. Sayang dengan berjalannya waktu, saya kehilangan kaset tersebut. Beberapa tahun yang lalu, saya terinspirasi untuk mencari lagi kaset orexas. Setelah sekian lama, saya baru mememukan source Orexas tersebut:

    http://gelangbaharblog.blogspot.com/2009/12/remy-sylado-orexas-1980.html
    Semoga bermanfaat

    ***********ww*********
    waduh makasih mas Fian atas informasinya. saya juga sudah lama cari2 gak ketemu2..hehehe..
    salam kenal dan terima kasih sudah berkunjung ke blog saya…

  8. Album OREXAS Remy Sylado (lagu2nya yang berlirik bengal) mengasyikkan ketika saya muda dulu. Saya coba petik salah satu lirik lagunya yang lain (judul lupa) begini :…
    Hari ini aku lapor kepada PBB,
    Karna istyriku dicuri oleh monyet-monyet
    yang lapar dan genit.
    Lalu aku pasang iklan dlm surat kabar,
    Kutawarkan uang tebusan kembalikan dia…
    Dan seterusnya…..
    Trimakasih.

    *******ww**********
    hahahahaha…memang si broer Remy nyentrik dan sableng, tapi hebat.
    terima kasih mas Imam sudah mampir….salam kenal

  9. saya penggemar belakangan Remy Silado, setelah membaca Kembang Jepun. Sejak saat itu, tak satupun karyanya yang kulewatkan. Makasih atas posting ini, kayaknya Orexas saya belum ketemu!

    ******ww********
    hahahaha ketularan juga rupanya ya
    Orexas memang sudah sulit dicari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: