ADA APA DENGAN MONAS ?

Tugu Monumen Nasional merupakan bangunan monumental bagi Bangsa Indonesia pada umumnya dan masyarakat Daerah Khusus Ibukota Jakarta pada khususnya. Salah satu fungsi dari Tugu Monas ini antara lain sebagai obyek wisata, dimana dari atas puncak Tugu Monas ini para wisatawan dapat memandang ke seputar kota Jakarta.

Akses masuk ke Menara puncak Tugu Monas dapat dicapai antara lain melalui Lift yang berada di bagian dalam dari tubuh Tugu ini.

Mungkin tidak banyak yang tahu, bahwa Monumen Nasional (Monas) di jantung kota metropolitan Jakarta, dalam kondisi yang sangat memprihatinkan.

Pada saat ini, kondisi tubuh Monas sudah mengalami kerusakan, diantaranya adalah jatuhnya marmer pada tahun 2005 (lihat gambar di bawah), terdapat retak pada bagian atas dak atap museum, juga terdapat bercak-bercak kuning pada marmer, sehingga jika dilihat secara seksama sudah mulai kurang layak dilihat secara keseluruhan.

Untuk menangani kerusakan-kerusakan dan pandangan kurang layak tersebut, Pemerintah DKI Jakarta telah menugaskan sebuah tim konsultan untuk mengadakan Penelitian dan Kajian Keandalan Teknis Tugu Monas, sebagai rujukan di dalam pelaksanaan perbaikan. Dan, saya ikut terlibat di dalam tim tersebut sebagai structural-advisor.

 
  clip_image002

 

Gambar di atas menunjukkan posisi dimana terjadi pecahan/retakan marmer yang sempat jatuh ke pelataran cawan. Dan foto di bawah ini adalah foto rekaman pada posisi tersebut.

clip_image002[5]

 
  clip_image002[9]

Untuk pekerjaan panjat memanjat serta bergelantungan dengan tali, kami dibantu mahasiswa dari Mapala UI (tahap I) dan pasukan khusus anti-teror (tahap II) untuk melakukan pemotretan dan pengambilan sampel.

clip_image002[7]

Hasil kajian dan penelitian proyek ini dapat di lihat di sini

Rencananya pada bulan Maret 2008 akan diadakan tahap perbaikan, namun beberapa waktu yang lalu ketika saya lewat di Monas, sempat menoleh ke puncak Monas…….ternyata gerowakan itu masih tetap nongkrong pada posisinya semula.

Perlu kewaspadaan dan kehati-hatian apabila berkunjung ke sana, mudah-mudahan peristiwa jatuhnya marmer tidak terulang kembali. Atau sebaiknya anda pakai helm sebagai safety. 

~ oleh Willy Wungo pada 8 Februari 2009.

3 Tanggapan to “ADA APA DENGAN MONAS ?”

  1. wedew jadi ngeri mo kemonas ey,gimana sih pemerinta kota jakarta jangan hanya mengeruk uang sebanyaknya tampa memperhatikan keselamatan pengunjung.salam kenal aja mas

    *********ww*********
    ssstttt….jangan kenceng2, ntar saya ditegor p.Fauzie, hehehehe….

  2. yang memperbaiki companynya panjenengan?
    wah… heibat dunk…

    apa kabarnya pak?

    ***********ww***********
    saya hanya melakukan penelitian dan usulan perbaikan ke pemda.
    kabar baik sekali, bagaimana dengan mbak May ?

  3. Semoga ada perhatian yang serius u Monas

    ************ww*************
    terima kasih pak atas perhatiannya. seharusnya pemda lebih sigap mengambil langkah2 perbaikan. Salam kenal p. Ruben dan terima kasih atas kunjungannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: