L.B.Moerdani – Prajurit dan Inteligen Sejati

Jenderal Purnawirawan Leonardus Benjamin Moerdani (alm.) lahir di Cepu Jawa Tengah 2 Oktober 1932.

Saya adalah penggemar berat beliau, bukan karena beliau adalah jenderal yang beragama Katholik tetapi karena beliau adalah patriot sejati, intelijen brilian, dan yang telah melakukan reorganisasi manajemen TNI/ABRI dengan sangat efisien. LBM telah meletakkan dasar-dasar manajemen militer yang sungguh brilian ke dalam tubuh TNI semasa menjabat sebagai Panglima ABRI (1983-1988). Rasa kagum dan respek terhadap beliau telah menggugah sekaligus merangsang saya untuk menuangkannya dalam tulisan pendek ini.

LBM-01

Memulai karir militer sejak umur 14 tahun sebagai tentara pelajar di kota Surakarta, LBM mengabdikan seluruh hidupnya untuk NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). Baginya NKRI adalah Harga Mati, yang tidak boleh ditawar-tawar. Nasionalisme yang melekat di dalam diri beliau sungguh merupakan sebuah “teladan” yang seharusnya dicontoh dan diterapkan oleh para tokoh militer maupun tokoh politik masa kini, yang semakin hari semakin tidak jelas arah dan tujuan perjuangannya.

2997579431_1637201498 

LBM juga termasuk salah-satu sesepuh di dalam kesatuan Kopassus. Beliau ikut terlibat di dalam perkembangan pasukan elite khusus ini sejak awal sekali. Beliau bahkan ikut secara langsung penyerbuan pesawat Woyla yang dibajak teroris di Don Muang bersama pasukan anti teror Kopassus, padahal pangkatnya saat itu adalah Letnan Jenderal.

Ketika Kolonel Alex Kawilarang sebagai Panglima TT III Siliwangi di Bandung dibentuklah Kesatuan Komando Teritorium III yang merupakan cikal bakal kesatuan Kopassus saat ini. Pelatih pertama dasar komando saat itu adalah Rokus Bernardus Visser yang setelah tinggal di Cisarua mengganti namanya menjadi Mochamad Idjon Djanbi. Kesatuan ini kemudian diberi nama Kesatuan Komando Angkatan Darat (KKAD) setelah menginduk ke MBAD, bukan Siliwangi lagi. LBM nerupakan angkatan pertama yang masuk ke pasukan elite ini, beliau dilatih oleh Mayor Idjon untuk menjadi Kader Pelatih Inti.

A-12b Lbmoerdani

Setelah jumlah anggota telah mencukupi KKAD ditingkatkan menjadi Resimen Pasukan Komando Angkatan Darat (RPKAD) pada bulan April 1956, dengan tiga kompi. LBM menjabat Komandan Kompi A pada bulan Juni 1956 dengan pangkat Letnan Dua menggantikan Letnan Satu Fadillah. Setelah itu operasi militer yang dijalankannya sebagian besar adalah operasi militer di Sumatera, yang pada awal kemerdekaan sangat rapuh. Untuk kemudian berlanjut operasi militernya ke Irian dalam tugas pembebasan Irian Barat, operasi militer di Kalimantan Utara dalam operasi Ganyang Malaysia.

Karir militer beliau yang tertinggi adalah sebagai Panglima ABRI, merangkap sebagai Pangkopkamtib. Pada masa itu pulalah Kopasandha berubah namanya menjadi Kopassus. Demikian pula dengan Komando Teritorial adalah gagasan dari almarhum.

Semasa menjadi Panglima ABRI, beliau juga telah berjasa mendirikan Sekolah Taruna Nusantara di Magelang. Satu hal yang mungkin banyak dilupakan orang adalah beliau secara tegas menolak tentara terlibat di dalam dunia politik.

Ketika krisis moneter melanda Indonesia tahun 1998 yang diikuti  lengser-nya Presiden Soeharto, dan semakin maraknya eforia reformasi, ekonomi dan politik di Indonesia juga semakin tidak menentu. LBM merasa sangat prihatin ketika menyaksikan tanah airnya kacau-balau dan semerawut. Namun LBM merasa bahwa ini adalah salib pribadinya yang harus ia pikul.

Tanggal 29 Agustus 2004 beliau menghembuskan nafasnya di RSAD Gatot Subroto, setelah menderita sakit. Telah pergi seorang Patriot Sejati, yang selama karir militernya tidak pernah lepas mengantongi Alkitab dan Rosario kemana pun tugas dibebankan dipundaknya.

sm1benny30

Telah pergi seorang prajurit sejati yang sangat loyal kepada tugas dan atasannya. Berkomitmen tinggi selalu menjaga keutuhan, kedaulatan bangsa dan negaranya. Jenderal yang berpenampilan dingin, pendiam, tertutup nyaris tanpa ekspresi. Namun sesungguhnya di dalam lubuk hatinya yang paling dalam almarhum orang yang hangat, peduli, tinggi kesetiakawanannya terutama terhadap yang lemah. Seorang ayah yang sangat disayangi dan dihormati puteri tunggalnya.

Aku telah mengakhiri pertandingan dengan baik. Aku telah mencapai garis finish dan aku telah memelihara iman” (2 Tim 4:7-8).

Selamat jalan pak Benny. Domini vobis cum

patung_LB_Mourdani Tugu-Lb_-Moerdani

Patung L.B..Moerdani di Merauke

About these ads

~ oleh Willy Wungo pada 13 Maret 2009.

31 Tanggapan to “L.B.Moerdani – Prajurit dan Inteligen Sejati”

  1. Siap. Saya juga kagum dengan beliau. Beliau intelijen sejati, nyaris tanpa ekspresi. Tidak banyak bicara, tak pernah berkomentar, itulah, bekerja dengan efisien dalan kesenyapan. Salam hormat Jendral.

    *************ww*************
    meskipun kau dulu sempat di kejar2 kopkamtib di salemba, terus lari ke rumah aku…. Marheinis ?? Hahahaha…degel kau nih. Dan terlepas dari doktrin orba, beliau tetap seorang loyalis, nasionalis sejati. yang kemudian kecewa dengan juragannya. karna dianggap lancang sudah menasehati juragannya.

  2. Mohon ijin utk memberi komentar!

    wajahnya itu loh,dingin!
    citraan seorang intelejen sekali, sangat nampak pd sosoknya.

    Komentar selesai!

    hehe..
    slmt sore,broer Willy

    *********ww**********
    hahahaha….mas andra rupanya juga kagum dengan beliau. Memang intelejen banget dari sono nya kali yah ?! ok makasih mas andra sudah mampir.

  3. aku tidak begitu kenal benny, tapi emang kayaknya sih dia jendral yang konsisten, dan rendah hati

    **********ww************
    makasih Ika untuk comment nya. saya dari dulu sudah nge-fans sama beliau.

  4. slmt mlm,pak
    postingan yg baru belum ada,hehe..
    bikin FB,pak
    asyik,banyak jg alumni ITB disana
    hehehe…..

    salam utk keluarga di sana,pak
    salam hangat selalu,
    langitjiwa

    **********ww***********
    mat malam jg mas.
    iya nih belum sempat bikin posting, lg “sibuk” banget, di kejar tayang. hahahaha.
    fb ? saya belum terlalu konsen ke situ, tp saya berhasil ketemu kawan2 lama via fb.
    ok mas andra, tq sudah mampir, salam buat keluarga di sana juga ya….

  5. Pribadi yang sangat saya hormati disamping jendral m yusuf. Benar-benar negarawan dan sangat cinta tanah air, dihormati dan diseganui kawan dan lawan. menolak tawaran mbah harto jadi dubes di USA setelah dicopot jabatannya karena menolak perintah si mbah untuk melindungi bisnis tommy suharto. Salute General !!!

  6. terima kasih pak atas comment nya…saya juga fans berat LBM dan jenderal Yusuf. Salam kenal..

  7. maaf,kalau saya berbeda pendapat.Entah mengapa saya termasuk diantara mereka yang ANTIPATI terhadap beliau.Entah mengapa sejak dari dulu saya tidak menyukainya.Barangkali hanya terpengaruh berita2 miring tentangnya di mass media selama ini.
    Tapi terlepas dr pendapat saya tsb,Pak Benny Moerdani adalah salah satu prajurit TNI TERBAIK sepanjang sejarah republik ini.Masuk TNI Top Ten lah..

    **********ww*************
    hehehe..nggak apa2 mas, setiap orang tentu punya persepsi masing2. dulu saya jg tidak begitu suka dengan tentara, sampai suatu saya berkawan dengan tentara, kmd semakin tau kehidupan keluarga tentara…. sekarang saya punya banyak kawan di tentara. solidaritas berkawan mereka sangat tinggi…

  8. maaf ya…, saya memiliki penilaian sendiri tentang beliau, saya hargai beliau adalah pahlawan bangsa, yang mengorbankan jiwa raga harta benda dan keluarga, namun ada sisi yang salah dalam kebijakan belaiu pada saat menjabat menpangab…, sayang pasukan elite kepolisian brigade mobil di obrak abrik karna beliau ketakutan pasukan elite polisi itu menyaingi kopassus

  9. Makasih mas Fajar sudah mampir dan kasih komen. Salam kenal. tentang apa yang anda ungkapkan, saya tidk berani memberi komentar ataupun menanggapinya krn saya juga tidak tahu masalahnya…hehehehe.. anyway…thank you.

  10. Saya berhutang budi kepada Jenderal Benny. Tanpa ide beliau ttg sekolah berwawasan kebangsaan, mana bisa saya bersekolah gratis, berasrama, dan elit di Taruna Nusantara? Saya ingat saat itu, teman sekamar saya anak buruh pabrik dan petani musiman. Saya sendiri anak guru SD. Sayangnya, sekarang SMA TN sebagian besar menerima siswa berduit. Semoga ada banyak pembesar yg berani mengajukan ide seperti beliau. Salam hormat dari Tokyo.

  11. LB Moerdani. tidak diragukan lagi beliau memang salah satu di antara yang terbaik di jajaran perwira-perwira TNI, angker(harum versi militer) nama KOPASSUS banyak di toreh pada masa kepemimpinan beliau.
    walaupun agak berseberangan, karna saya pengagum berat Mayjen.Prabowo.S (tentang kisruh rencana coup D’etat, versi; ‘Sintong Panjaitan_perjalanan seorang prajurit’), namun saya jg menghargai setiap bakti kepada NKRI yang telah di torehkan seorang LB Moerdani.

    Salam untuk kesatuan NKRI, demi kejayaannya

    http://kopassus-the-best.blogspot.com

    **********ww*********

    memang, bgmn pun juga banyak jasa beliau selama mengabdi.. terima kasih sudah berkunjung. KOMANDO !!!

  12. Ane dulunya juga antipati dengan namanya tentara, termasuk Beny Moerdani yang “kata”nya bertanggungjawab atasa tragedi Priok 84. Tapi benci dan kagum ternyata berbeda tipis, awalnya karena gak sengaja membaca Ensiklopedi S.A.S (Tentara Khusus Inggris) yang paling disegani di dunia. Dalam ensiklopedi yang tebalnya beberapa ratus haaman tsb satu nama Indonesia tersebut : L.B.Moerdani, karena pernah “hampir mati” di Kalimantan. Berada dalam sasaran prajurit SAS tapi dibatalkan, Beny Moerdani waktu berkunjung ke Inggris menyempatkan menemui “calon eksekutor” nyawanya itu, berjabat tangan, bercerita-cerita tentang pengalaman berperang diantara mereka, hingga di Ensiklopedia S.A.S disebut sebagai the real gentleman from Indonesia!!! Akhir 80-an beliau mempunyai kesempatan menggantikan Soeharto, isunya beliau berpindah agama. Tapi Beny Moerdani berucap ke wartawan : “Apakah kalian mau dipimpin oleh seseorang yang mengganti keyakinan demi kekuasaan?”…weleh-weleh-weleh. Mantab!!!!

  13. beny moerdani …..arisaka jepang itu diangkat oleh anak usia 13 tahun…beny muda tertembs pelor…beny tertembak…

    hari ini 6 purnama kemarau beny telah tiada….dan sosok dingin itu serta face muka kerasnya saya yg memiliki…

    aku akan mengabdi pada negri ini melalui perhimpunan..
    dan aku akan menjadi reinkarnasi beny moerdani muda…

  14. Beliau , sepupu omaku.ibunya pak LB Moerdani (Jeanet)dan ibunya omaku (Agustine), saudara kandung, keturunan Marga Ruch terakhir di Indonesia. Walau blasteran Belanda, opa Beni, sangat nasionalism sejak remaja disiplin. Mama saya swaktu kecil keTika main ke rumah omanya(jeanet),sering dpangku Opa LB Moerdani dg baju dinas.

    ************ww*************
    terima kasih banyak Judith sudah berkunjung ke blog saya. Waduh seneng banget saya bisa kenal dengan keluarga beliau.
    Salam kenal ya….. saya kebetulan penggemar berat pak Benny.

  15. JENDERAL. BENNY MOERDANI ADALAH,:GAJAH MADA NYA INDONESIA

    *******ww*******
    Terima kasih Efraim, sudah berkunjung. Salam kenal. GBU

  16. LB MOERDANI … Adalah Putra Bangsa yg juga ikut menoreh sejarah Bangsa Indonesia ini , banyak pendapat yg Pro maupun kontra dengan sisi pandang yg berbeda beda..menurut saya pribadi sah – 2 saja , Namun apakah pernah terpikir oleh kita, betapa beratnya menjadi seorang Pimpinan dikala itu , pd situasi yg penuh dgn Intrik dan kekuasaan , Disitulah tercermin jiwa sejati yg mengutamakan Kesatuan dan persatuan berbangsa , Memang dengan Tangan dingin beliau mengendalikan keamanan dan Angkatan bersenjata … semuanya utk kepentingan Negara juga : Bisa kita lihat sepak terjang beliau dlm setiap Operasinya…sewaktu masih di RPKAD , hampir setiap Operasi sll hadir di kancahnya , Sewaktu Di BAIS ( Intelejen ) bgt Populernya Badan tsb , dibawah pimpinan beliau , bgt banyak Informasi dan analysa yg akurat , sehingga dpt dilakukan pencegahan nya atau pengembangan nya ..semua ini juga demi keamanan dan Pertahanan NKRI.Sewaktu Beliau menjadi PANGAB .. beliau mengadakan Reorganisai didlm tubuh ABRI , serta memberikan kesempatan yg luas bagi prajurit yg mampu dan profesional dlm kariernya , juga tak jarang sangat tegas bagi prajurit yg melanggar Sapta Marga , Itulah ciri Prajurit dan Bhayangkara Sejati…Tdk mempunyai Ambisi , Lugas dan Trengginas dlm setiap penugasan..Setia, Jujur dan Berani.

    Namun disaat jasa serta kelelahanya dlm ikut membantu mengatur problem yg dihadapi bangsa ini, beliau terseret oleh arus politik yg tdk menentu oleh orang -2 yg mengadu domba beliau dgn Pimpinan lainya , sehingga beliau disingkiran dari Papan Kekuasaan saat itu ( Pendapat Pribadi saya ) , Namun beliau ttp Tunduk dan Patuh pd Pimpinan saat itu…bahkan bgt Loyal dan Yakinnya Beliau dlm pengabdian bagi NKRI ,,sampai terucap : Apabila ada yg akan menggulingkan pemerintahaan saat itu , maka Beliau sendiri yg akan menghadapinya. Dari Tangang LB Moerdani banyak Perwira – 2 ABRI yg handal telah di cetaknya …sehingga dapat diharapkan dpt memimpin Bangsa ini spt yg kita harapkan.

    *************ww***********
    Terima kasih pak Yudhy atas komentar nya. Saya memang pengagum beliau… Salam kenal..

  17. saya tau bapak benny dari buku yang mengulas tetang beliau, saya lupa tentang judul buku nya tapi yang saya tangkap beliau seorang loyalis sejati walaupun bapak benny, diberhentikan oleh orang yang jelas2 pak benny loyalkan yaitu pak harto, dan hal lain beliau juga seorang yang pemberani bahkan ketika integrasi timor-timur thn 75 pak ben hanya ditemani oleh beberapa ajudan masuk ke timor-timur tapi yang saya suka beliau seorang kristen khatolik yang taat, ya karna bagi saya itu hal yang sangat aneh karna seorang tni yang jelas sekuler ternyata seorang religius trim’s

    *****ww******
    terima kasih Rendi atas comment nya. salam kenal

  18. Bro willy, Thx atas tulisannya. Saya juga termasuk pengagum beliau. saya yakin akan hadir titisan spt beliau. amin. GBU

  19. Benny Murdani is a real soldier

  20. Salute!!!

  21. patriot sejati.jasamu n pengabdianmu bwt nkri..sulit di tiru. Amin

  22. Berjuang tanpa pamrih. Bapak Intelijen modern, kenyang dengan pengalaman operasi tempur, berani, tegas. Sekarang, nggak ada yang seperti beliau, saat jadi intel, jadi intel sejati, saat bertempur, bertempur dengan sungguh-sungguh. Saat marah ya marah beneran sampai mogok memakai baret merah selama bertahun-tahun, hanya karena membela teman di kesatuan. Bravo, Pak Benny, sosok panutan.

    *****ww******
    terima kasih sudah berkunjung

  23. dibalik wajah dingin beliau, tependam kehangatan yang khas, simak betapa bersahabatnya beliau dgn banyak kalangan. pak benny adalah idola sejati saya, meskipun pada saat beliau menjabat, saya masih SMA.

  24. hihihiA!g http://tinyurl.com/Picture-301-jpg

  25. Viva el Papa LBM. Pro Ecclecia Et Patria.

  26. salah satu anaknya dari istri yg lain skrg jadi pejuang HAM di negara tetangga. anaknya seperti bapaknya. persis banget :) ….

  27. hahahahaha…masak sih?

  28. dont like him

  29. Beliau memang prajurit & intelegent sejati, akupun penggemar beliau.
    Semasa beliau msh hidup..mungkin intelegent2 luar keder kalau mau kasak kusuk di Indonesia.

  30. I am curious to find out what blog system you happen
    to be working with? I’m experiencing some minor security issues with my latest blog and I would like to find something more safeguarded. Do you have any recommendations?

  31. No, I don’t have any suggestions…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.